Tips Untuk Menghemat Baterai Smartphone Anda

Menghemat Baterai Smartphone agar bisa menjadi tahan lama menjadi sebuah kebutuhan seorang pemilik smartphone, karna memang Baterai Smartphone sering kali menjadi permasalahan pada penggunanya, mungkin karna pemakaian yang berlebihan yang bisa mengakibatkan baterai smartphone nya akan cepat habis atau lowbat, walaupun sebenarnya jika smartphone digunakan seperlunya hanya untuk kebutuhan menghubungi atau mengirim pesan singkat bisa jadi baterai smartphone akan lebih tahan lama.
Tips Untuk Menghemat Baterai Smartphone Anda
Dalam beberapa faktor yang menjadi baterai Smartphone cepat habis adalah beberapa aplikasi yang memang selalu berjalan walaupun smartphone dalam keadaan terkunci, apalagi jika anda banyak menggunakan social media yang selalu menerima aktivitas terbaru dan update dari teman yang ada di social media anda. ini adalah faktor para pengguna social media yang terlalu banyak menginstal aplikasi social media.

Ada juga faktor lain yang menjadi permasalahan baterai handphone cepat habis, yaitu para pemain game di smartphone dengan menggunakan koneksi data, ini hampir memang semua pengguna smartphone pasti menginstal game kesukaannya dalam smartphonenya dan dari beberapa game yang diinstal ternyata membutuhkan koneksi data dari internet.

Beberapa Faktor Penyebab Baterai Cepat Habis 


  • Terlalu Banyak Aplikasi Social Media Yang Online
  • Banyak Bermain Game Yang Membutuhkan koneksi internet
  • Terlalu Sering Menggunakan Camera
  • Terhubung dengan Wifi pada saat tidak digunakan
Dari beberapa faktor diatas mungkin masih banyak lagi penyebab baterai smartphone cepat habis, mungkin jika anda ada tambahan silakan berkomentar dibawah ini membantu melengkepati artikel ini

Kebayakan orang selalu bertanya bagaimana sih agar baterai smartphone tidak cepat habis? disini saya akan berbagi tips untuk menghemat baterai Smartphone anda dan dari beberapa tips ini memang sudah saya lakukan dan ternyata memang bisa menghemat baterai smartphone.


1. Atur Kecerahan Layar Smartphone Anda
Memang melihat layar smartphone yang terang dan jelas menjadi kepuasan sendiri bagi pengguna smartphone ini, apalagi jika sedang menonton video atau film dan bermain game, kebanyakan pengguna selalu menerangkan smartphone nya agar gambar yang ditampilkan akan terlihat lebih jelas.

Akan tetapi ini membuat baterai smartphone anda akan semakin cepat habis, jadi lakukan pengaturan pada kecerahan layar smartphone anda sesuai dengan kebutuhan, atau jika smartphone anda ada fitur auto-brightness mungkin ini bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan baterai anda agar bisa lebih tahan lama.


2. Matikan Wifi Jika Tidak di Gunakan, 
Jaringan Wi-Fi di Smartphone Anda adalah faktor permasalahan baterai yang serius. Jika anda sering menggunakan jaringan Wifi dirumah atau dikantor daripada Menggunakan jaringan 3G atau 4G untuk akses internet dan layanan data lainnya, ada baiknya anda mematikan Wifi anda ketika anda sedang tidak menggunakan nya jangan biarkan jaringan wifi anda terus tersambung dalam keadaan smartphone anda tidak digunakan dan hidupkan kembali ketika Anda berencana untuk menggunakan layanan data dalam jangkauan jaringan Wi-Fi Anda.


3. Matikan Layanan Lokasi Atau GPS Saat tidak digunakan
Ini adalah Pengisap baterai Smartphone Anda yang cukup besar. Sebagai pengguna, Anda dapat mencabut akses aplikasi 'untuk layanan lokasi, atau tingkat set (di Android) untuk menentukan berapa banyak daya yang Anda gunakan. Di Settings> Location, Anda dapat memilih akurasi tinggi ketika Anda membutuhkannya,


4. Jangan TInggalkan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang (Multitasking)
Menjalankan lebih dari satu aplikasi pada satu waktu adalah Faktor yang membuat baterai smartphone cepat habis. Hal ini juga dapat menjadi smartphone anda cepat panas karna terlalu banyak energi yang diterima, karena setiap aplikasi yang dijalankan menggunakan bagian dari siklus prosesor smartphone Anda,

Di Android, tekan tombol untuk menutup multi-tasking, biasanya paling kanan dari tiga ikon di bagian bawah layar atau biasa nya juga tombol home ditengah dengan ditekan selama 3 detik dan Anda dapat menyingkirkan aplikasi tersebut untuk menutupnya.
Di iOS, sentuh dua kali tombol Home sehingga layar multitasking muncul, lalu geser ke atas untuk menutup aplikasi.


5. Jangan Menggunakan Mode Getar
Memilih untuk menggunakan mode getar untuk panggilan masuk dengan diiringi nada dering, dapat mengakibatkan cepat habisnya baterai smartphone anda, Karna sebenarnya mode getar menggunakan daya lebih banyak dari pada nada dering. jadi untuk menghemat baterai smartphone anda, saya sarankan untuk menggunakan nada dering saja tanpa menggunakan mode getar dengan diiringi nada dering.


6. Matikan Pemberitahuan Aplikasi Social Media dan Game
Sepertinya hampir setiap aplikasi sekarang menggunakan sistem pemberitahuan untuk mengetahui update, berita, pesan, dan informasi lainnya. Semua hal ini akan mengkonsumsi energi baterai anda lebih besar.
Anda mungkin tidak ingin mematikan notifikasi tentang pemberitahuan dari social media anda dan update terbaru dari game anda, akan tetapi mematikan pemberitahuan dari sosial media dan game anda akan membantu menghemat baterai Anda untuk bertahan sedikit lebih lama.


7. Atur Waktu Stand By Layar Smartphone 
Mengatur Waktu Stand By layar smartphone anda untuk tidak terlalu lama bisa menghemat baterai anda, jika sekarang anda menggunakan waktu Stand By Layar smartphone anda selama 2 menit, coba lah atur lebih sedikit lagi, misalkan 30 detik, atau untuk pengguna iPhone coba ganti ke 1 menit


8. Aplikasi Tambahan Penghemat Baterai
Mungkin ini bisa menjadi alternativ anda untuk menghemat baterai anda, tetapi saya tidak meyarankan untuk anda menggunakan aplikasi penghemat baterai yang ada di playstore, karna dari kebayakan tidak ada bedanya dan akan membuat semakin berat saja, tetapi jika anda ingin menggunakan aplikasih tambahan untuk menghemat baterai anda, coba lah pilih aplikasi penghemat baterai yang sudah teruji kemampuan nya.


Dari beberapa tips diatas ini mungkin bisa membatu anda untuk lebih bisa menghemat baterai smartphone anda agar bisa tahan lama, karna untuk mengatasi masalah ini selalu menjadi permasalahan yang serius bagi pengguna smartphone, walaupun smartphone anda adalah smartphone tercanggih, tetapi masih saja tidak bisa menghemat baterai dengan apa yang anda butuhkan.

Semoga tips ini bermanfaat untuk anda semua, jika anda mempunyai tambahan tips untuk menghemat baterai smartphone, silakan bantu melengkapi artikel ini dengan berkomentar dibawah dan pastinya akan saya letakan diantara tips diatas. Terimakasih

Tag : Smartphone
0 Komentar untuk "Tips Untuk Menghemat Baterai Smartphone Anda"

Back To Top